17 Agustus 2024 6:43 pm

Destinasi Dengan Aktivitas Seru di Jogja

Destinasi Dengan Aktivitas Seru di Jogja
Kita tidak akan merasa lebih hidup, lebih utuh, atau lebih asyik dalam hal apapun selain ketika kita sedang bermain.”

Kutipan ini cocok sekali untuk Sobat Keliling Jogja yang butuh refreshing namun sudah bosan dengan destinasi pemandangan ataupun spot foto. Berikut adalah beberapa destinasi dengan aktivitas seru yang bisa Sobat Keliling Jogja nikmati di Jogja.

Merapi Lava Tour

-
Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Menyimpan sejarah dan misteri didalamnya, membuat Gunung Merapi menjadi salah satu destinasi yang masih sangat dicari oleh para wisatawan yang datang ke Jogja. Selain mendaki, Sobat Keliling Jogja juga bisa menikmati megahnya Gunung Merapi serta peninggalan sejarah letusan dengan aktivitas Merapi Lava Tour. Merapi Lava Tour adalah perjalanan menggunakan kendaraan Jeep mengitari lokasi-lokasi bersejarah atau peninggalan dari letusan Gunung Merapi. Keadaan jalan yang offroad membuat aktivitas ini penuh dengan teriakan seru dari para wisatawan yang menikmati guncangan saat mengendarai Jeep, apalagi saat basah-basahan di kalikuning. Yuk, Sobat Keliling Jogja datang dan nikmati keseruannya!

Lokasi dan Jam Buka

Merapi Lava Tour berada di kawasan Jalan Kaliurang tepatnya di Kecamatan atau Kapanewon Cangkringan. Ketika kita sudah memasuki kawasan ini, akan mulai terlihat Jeep-Jeep yang berlalu lalang sambil membawa penumpang yang pastinya membuat kita ingin segera ikut menyusul mereka. Merapi Lava Tour buka setiap hari bahkan di hari raya mulai jam 07.00 - 17.00 WIB. Apabila berkenan untuk sunrise juga bisa dimulai jam 04.00 WIB dengan reservasi terlebih dahulu ya Sobat Keliling Jogja. Untuk waktu kedatangan, kami sarankan Sobat Keliling Jogja untuk datang di pagi hari sekitar jam 07.00 WIB karena kemungkinan Gunung Merapi terlihat jelas dan udara area pegunungan yang masih sejuk dan berembun.

Harga dan Paket

Merapi Lava Tour memiliki beberapa paket yang bisa diambil oleh Sobat Keliling Jogja, seperti :
  • Rute Short : Rp. 400.000/Jeep
  • Pilihan A : Bunker Kaliadem, Spot Foto Jeep, Batu Alien, Museum Sisa Harta (rekomendasi)
  • Pilihan B : Rumah Mbah Maridjan, Spot Foto Jeep, Batu Alien, Museum Sisa Harta - Pilihan C : Bunker Kaliadem, Spot Foto Jeep, Batu Alien, Stonehenge
  • Rute Medium : Rp. 500.000/Jeep
  • Pilihan A : Museum Sisa Harta, Batu Alien, Spot Foto dengan Jeep, Bunker Kaliadem, Trek Basah Kalikuning (rekomendasi)
  • Pilihan B : Museum Sisa Harta, Batu Alien, Spot Foto dengan Jeep, Bunker Kaliadem, Rumah Mbah Maridjan Mbah Maridjan
  • Pilihan C : Stonehenge, Batu Alien, Spot Foto dengan Jeep, Bunker Kaliadem, Trek Basah Kalikuning
  • Rute Sunrise : Rp. 500.000/Jeep
  • Bunker Kaliadem, Spot Foto Jeep, Batu Alien, Museum Sisa Harta
  • Rute Long : Rp. 600.000/Jeep
  • Pilihan A : Museum Sisa Harta, Batu Alien, Spot Foto dengan Jeep, Bunker - Kaliadem, Petilasan Mbah Maridjan, Trek Basah Kalikuning (rekomendasi)
  • Pilihan B : Museum Sisa Harta, Stonehenge, Batu Alien, Spot Foto dengan Jeep, Bunker Kaliadem, Trek Basah Kalikuning
  • Pilihan C : Museum Sisa Harta, Stonehenge, The Lost World Castle, Batu Alien, Spot Foto dengan Jeep, Bunker Kaliadem
Demi kenyamanan dan keamanan, untuk maksimal penumpang dalam 1 Jeep bisa 4 orang ya Sobat Keliling Jogja. Untuk aktivitas Jeep sudah termasuk driver yang akan merangkap sebagai guide dan juga membantu dokumentasi Sobat Keliling Jogja. Untuk biaya diatas sudah termasuk retribusi destinasi rute, kecuali untuk Stonehenge dan The Lost World Castle ada biaya tersendiri ya. Selain biaya di atas, Sobat Keliling Jogja bisa menyiapkan biaya retribusi masuk apabila melewati wilayah kaliurang Rp. 10.000/Orang.

Tips Berlibur di Merapi Lava Tour

Ada beberapa tips untuk Sobat Keliling Jogja yang berencana untuk mengunjungi Merapi Lava Tour, yaitu :
  • Menggunakan pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana panjang
  • Menggunakan sepatu dikarenakan jalan yang masih bebatuan sehingga sol yang tebal bisa menyamarkan sakit di alas kaki
  • Membawa baju ganti atau alat mandi apabila ikut trek basah, tersedia toilet untuk bersih diri
  • Membawa uang cash secukupnya dikarenakan toko-toko yang belum secara merata menerima pembayaran elektronik

Cave Tubing Goa Pindul

-
Apa yang terbayang dalam pikiran Sobat Keliling Jogja apabila mendengar daerah “Gunung Kidul”? Tentu bentangan pantai pasir putih yang luas dan indah merupakan ciri khas dari Gunung Kidul. Namun, tahukah Sobat Keliling Jogja bahwa ada lokasi dengan aktivitas seru namun tetap merasa bersatu dengan alam yang bisa dilakukan di Gunung Kidul. Cave Tubing Goa Pindul jawabannya! Keindahan aliran air di dalam goa menjadi alternatif untuk Sobat Keliling Jogja yang ingin bermain air tetapi tidak ingin ke pantai, nih! Goa Pindul merupakan destinasi yang menawarkan pemandangan goa dengan mengikuti aliran sungai bawah tanah menggunakan ban pelampung menuju “cahaya surga”. Aktivitas berkelompok seru yang cocok dikunjungi untuk kegiatan kantor ataupun seru-seruan dengan geng nih Sobat Keliling Jogja!

Lokasi dan Jam Buka

Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo yang memiliki jarak 1 - 1,5 Jam dari pusat kota Yogyakarta. Akses menuju Goa Pindul juga sangat mudah, kalian bisa menggunakan motor, mobil, bahkan bus sekalipun. Untuk masuk ke area Goa Pindul memerlukan Retribusi yang cukup murah yaitu Rp. 10.000/orang. Destinasi ini buka mulai jam 07.00 - 17.00 WIB. Disarankan untuk datang sekitar pukul 09.00-10.00 WIB untuk bisa menemukan fenomena ray of light atau biasa disebut dengan “cahaya surga”.

Harga dan Paket

Selain menyusuri Goa Pindul, Sobat Keliling Jogja juga bisa menikmati paket menuju ke Goa Baru dan Sungai Oya. Check it Out!
  • Pilihan A ( Rp. 40.000/Orang) : Goa Pindul
  • Pilihan B ( Rp. 60.000/Orang) : Body Rafting Oya
  • Pilihan C ( Rp. 110.000/Orang) : Goa Pindul, Goa Baru
  • Pilihan D ( Rp. 130.000/Orang) : Goa Pindul, Body Rafting Oya
  • Pilihan E ( Rp. 170.000/Orang) : Goa Pindul, Body Rafting Oya, Goa Baru
Untuk harga paket diatas sudah termasuk guide serta peralatan seperti ban apung, pelampung, helm. Walaupun ada penjaga dan guide, untuk Sobat Keliling Jogja yang membawa anak diharuskan untuk tetap mengawasi demi keamanan anak. Tidak ada batasan usia khusus, namun kami sarankan untuk yang mengikuti aktivitas minimal usia 5 tahun, ya!

Tips Berlibur di Cave Tubing Goa Pindul

Ada beberapa tips untuk Sobat Keliling Jogja yang berencana untuk mengunjungi Goa Pindul, yaitu :
  • Menggunakan pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana
  • Membawa baju ganti atau alat mandi, tersedia toilet untuk bersih diri
  • Membawa pelindung hp anti air supaya aman selama menelusuri goa
  • Membawa uang cash secukupnya dikarenakan toko-toko yang belum secara merata menerima pembayaran elektronik

Pantai Timang

-
Pantai pada umumnya akan membawa wisatawan untuk bermain air di pesisir, namun tidak dengan Pantai Timang. Pantai Timang memiliki 2 sisi yaitu sebelah Timur yang berada diantara dua bukit karang serta sisi barat yang sering dikunjungi karena terdapat wahana Gondola dan Jembatan Goyang yang menuju ke Pulau Timang. Wahana tersebut menawarkan kegiatan adrenalin di atas tebing dengan deburan ombak yang bisa membasahi Sobat Keliling Jogja ketika sedang melintas.
Berbeda dengan Gondola lainnya, Gondola Pantai Timang masih ditarik manual oleh tenaga manusia sehingga akan terasa bergoyang di tengah-tengah laut di antara tebing ketika kalian sedang menyebrang. siapa nih yang berani coba?

Lokasi dan Jam Buka

Pantai Timang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk menuju pantai pasir putih ini dibutuhkan waktu kurang lebih 2 Jam dari pusat kota atau 77 KM dengan berkendara mobil. Untuk menuju ke wilayah pantai, diperlukan perjalanan sekitar 5 KM lagi dengan kondisi jalan offroad, sehingga diperlukan shuttle jeep maupun jasa ojek. Untuk jam buka Pantai Timang sebenarnya 24 Jam, namun untuk wahana Gondola dan Jembatan Goyang buka jam 08.00 - 17.00 WIB. Sobat Keliling Jogja yang ingin datang ke Pantai Timang, kami sarankan bisa saat weekdays karena akan ada lonjakan antrian apabila datang saat weekend. Enaknya sih bisa dari pagi-pagi Sobat Keliling Jogja!

Harga dan Paket

Berikut adalah budget yang perlu Sobat Keliling Jogja persiapkan ketika mengunjungi Pantai Timang :
  • Retribusi Pantai Timang : Rp. 10.000/Orang
  • Parkir : Rp. 3000 - Rp 20.000
  • Ojek Pulang Pergi : mulai Rp. 50.000/Orang
  • Sewa Jeep : mulai Rp. 350.000/Jeep
  • Naik Jembatan : Rp. 100.000/Orang
  • Naik Gondola : Rp. 150.000/Orang

Tips Berlibur di Gondola Pantai Timang

Ada beberapa tips untuk Sobat Keliling Jogja yang berencana untuk mengunjungi Gondola Pantai Timang, yaitu :
  • Menggunakan pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana
  • Menggunakan sepatu atau sandal yang bertali yang tidak licin
  • Membawa baju ganti atau alat mandi karena bisa basah jika terkena ombak, tersedia toilet untuk bersih diri Membawa pelindung hp anti air supaya aman selama menelusuri jalan
  • Membawa uang cash secukupnya dikarenakan toko-toko yang belum secara merata menerima pembayaran elektronik

Jadi menurut Sobat Keliling Jogja yang mana nih destinasi dengan aktivitas paling seru di Jogja? Langsung cek tanggal dan ajak keluarga atau teman-teman kalian yuk! Tidak perlu bingung dalam menentukan rute, biaya, dan lain sebagainya. Kalian bisa merasakan mudahnya Private Trip di Jogja bersama Trip Keliling Jogja. Konsultasikan rencana kalian dengan Customer Service dengan klik disini agar lebih maksimal. Kalian juga akan diarahkan oleh Driver yang berpengalaman. Jadi tunggu apalagi? Luangkan waktumu mari liburan bersamaku!