17 Agustus 2024 7:33 pm

Dapatkan Pengalaman Seru di Pantai Timang

Dapatkan Pengalaman Seru di Pantai Timang

-

“Fill your life with adventures, not things. Have stories to tell, not stuff to show”

Petualangan adalah bagaimana cara kita menikmati kehidupan dan melepaskan diri untuk bersatu dengan alam. Oleh sebab itu, Pantai sering menjadi salah satu tujuan petualangan para wisatawan yang ingin melepaskan penat dan merasa bebas di alam. Pantai pada umumnya akan membawa wisatawan untuk bermain air di pesisir, namun tidak dengan Pantai Timang.

Berbeda dengan pantai lainnya, tidak ada pertemuan antara laut dan pesisir di Pantai Timang. Meskipun demikian, Pantai Timang sangat cocok untuk Sobat Keliling Jogja mencari petualangan yang menguji adrenalin. Pantai Timang memiliki 2 sisi yaitu sebelah Timur yang berada diantara dua bukit karang serta sisi barat yang sering dikunjungi karena terdapat wahana yang digunakan untuk menuju ke Pulau Timang. Langsung saja kita cek yuk Sobat Keliling Jogja!

Lokasi dan Jam Buka

Pantai Timang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk menuju pantai pasir putih ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 2 Jam dari pusat kota atau 77 KM dengan berkendara mobil. Jalanan menuju Pantai Timang juga mudah dan bisa dijangkau bahkan untuk bus besar. Parkiran juga cukup luas.
Daya tarik di Pantai Timang berada di sisi sebelah barat yang mana terdapat wahana Gondola serta Jembatan Goyang untuk menyebrang ke Pulau Timang. Untuk menuju ke sisi bagian tersebut diperlukan perjalanan sekitar 5 KM lagi dengan kondisi jalan offroad, sehingga diperlukan shuttle jeep maupun jasa ojek.
Untuk jam buka Pantai Timang sebenarnya 24 Jam setiap harinya, namun untuk wahana Gondola dan Jembatan Goyang buka jam 08.00 - 17.00 WIB. Sobat Keliling Jogja yang ingin datang ke Pantai Timang, kami sarankan bisa saat weekdays karena akan ada lonjakan antrian apabila datang saat weekend. Sebagai catatan khusus, untuk wahana masih menggunakan tenaga manusia, sehingga setiap hari Jumat akan ada waktu tutup wahana dikarenakan ibadah sholat jumat.

Wahana Pantai Timang : Jeep, Gondola, Jembatan

-
Bagian sisi barat Pantai Timang memiliki wahana yang bisa dipergunakan sebagai sarana untuk menyebrang menuju ke Pulau Timang. Kedua wahana tersebut adalah Gondola dan Jembatan Goyang.
Gondola Pantai Timang merupakan wahana yang cukup menguji adrenalin. Bagaimana tidak? Sobat Keliling Jogja akan diajak menyebrang menggunakan gondola yang terbuka. Untuk menggerakan gondola tersebut masih menggunakan tenaga manusia, sehingga tarikan dan goncangan sangat terasa saat sedang berada di tengah-tengah, apalagi jika angin bertiup kencang. Kalian juga berkemungkinan untuk basah dikarenakan ombak yang cukup besar. Sudah bergoyang-goyang, tersiram ombak lagi, rasanya seperti terombang-ambing ditengah lautan. Untuk Sobat Keliling Jogja yang berani mencoba wahana ini, harganya adalah RP. 150.000/Orang. Apabila takut berangkat sendiri atau ada anak, kalian bisa request untuk naik gondola bersama apabila memenuhi syarat tertentu. Untuk batas usia anak tidak ada batasan khusus, namun kami sarankan usia diatas 10 tahun ya untuk mengikuti wahana ini.
Selain gondola, Sobat Keliling Jogja bisa menyebrang ke Pulau Timang melalui Jembatan Goyang. Harga dari Jembatan Goyang adalah Rp. 100.000/Orang. Seperti namanya, jembatan ini terus bergoyang selama wisatawan berjalan diatasnya. Jembatan ini terbuat dari alas kayu dengan jaring-jaring sebagai pelindung samping. Walaupun terlihat lebih mudah, namun angin dan deburan ombak akan membuat jantung Sobat Keliling Jogja tetap terpacu oleh adrenalin. Kedua wahana tersebut berada di atas tebing yang mana perjalanan menuju ke lokasinya juga tidak kalah memacu adrenalin. Tipe jalan offroad dengan tanjakan serta goncangan memerlukan shuttle Jeep dan Ojek. Untuk shuttle kami menyarankan menggunakan Jeep sehingga bisa menikmati jalan yang terjal bersama dengan teman-teman. Shuttle Jeep Pantai Timang memiliki 3 Macam rute. Apabila hanya ingin ke Pantai Timang, bisa menggunakan rute short dengan harga Rp. 350.000/Jeep. Untuk rute medium, Sobat Keliling Jogja juga akan dibawa menuju Pantai Watulumbung hanya dengan biaya Rp. 600.000/Jeep. Berkenan mengunjungi Goa Senen bisa menggunakan rute long dengan harga Rp. 750.000/Jeep. dimana tujuannya adalah Pantai Timang, Goa Senen, dan Pantai Watulumbung. Setiap jeep bisa muat sampai 4 orang tamu dan 1 driver yang sudah termasuk dalam paket.
Jadi kalian pilih menikmati wahana yang mana saja nih Sobat Keliling Jogja?

Harga dan Paket

Berikut adalah budget yang perlu Sobat Keliling Jogja persiapkan ketika mengunjungi Pantai Timang :
  • Retribusi Pantai Timang : Rp. 10.000/Orang
  • Parkir : Rp. 3000 - Rp 20.000
  • Ojek Pulang Pergi : mulai dari Rp. 50.000/Orang
  • Sewa Jeep : mulai dari Rp. 350.000/Jeep
  • Naik Jembatan : Rp. 100.000/Orang
  • Naik Gondola : Rp. 150.000/Orang

Kuliner sekitar Pantai Timang

Sebelum terkenal dengan wahana yang menguji adrenalin, Pantai Timang merupakan pantai untuk berburu lobster, sehingga kuliner yang wajib dicoba saat mengunjungi Pantai Timang adalah Lobster. Kedai Lobster Pak Sis Timang merupakan rekomendasi untuk Sobat Keliling Jogja yang ingin merasakan masakan lobster. Kalian juga bisa melihat lobster hidup serta memilih sendiri lobster yang kalian inginkan. Terdapat juga menu seafood dan lainnya di kedai ini sesuai dengan paketan. Harga paketan di kedai ini mulai dari Rp. 375.000 - Rp. 700.000++. Mohon untuk Sobat Keliling Jogja bisa menyediakan uang tunai apabila ingin mengunjungi kedai ini ya!

Tips Berlibur di Gondola Pantai Timang

-
Ada beberapa tips untuk Sobat Keliling Jogja yang berencana untuk mengunjungi Gondola Pantai Timang, yaitu :
  • Menggunakan pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana
  • Menggunakan sepatu atau sandal yang bertali yang tidak licin
  • Membawa baju ganti atau alat mandi karena bisa basah jika terkena ombak, tersedia toilet untuk bersih diri
  • Membawa pelindung hp anti air supaya aman selama menelusuri jalan
  • Membawa uang cash secukupnya dikarenakan toko-toko yang belum secara merata menerima pembayaran elektronik

Jadi menurut Sobat Keliling Jogja, apakah Pantai Timang bisa masuk ke list destinasi yang akan kalian kunjungi? Langsung cek tanggal dan ajak keluarga atau teman-teman kalian yuk! Tidak perlu bingung dalam menentukan rute, biaya, dan lain sebagainya. Kalian bisa merasakan mudahnya Private Trip di Jogja bersama Trip Keliling Jogja. Konsultasikan rencana kalian dengan Customer Service agar lebih maksimal. Kalian juga akan diarahkan oleh Driver yang berpengalaman. Jadi tunggu apalagi? Luangkan waktumu mari liburan bersamaku!