1 Februari 2021 12:58 pm

Berburu Sate Klathak di Jogja

Berburu Sate Klathak di Jogja
Sebagai salah satu kota yang jadi destinasi wisata favorit, wisata kuliner menjadi salah satu aktivitas yang wajib dikunjungi saat ngetrip ke Jogja. Selain gudeg yang sudah terkenal, menu khas lain yang wajib kamu coba saat ngetrip ke Jogja adalah sate klathak. Sate klathak adalah sate yang terbuat dari daging kambing, dengan cara penyajiannya yang sedikit berbeda. Sate klathak tidak disajikan menggunakan bumbu kacang maupun kecap, tetapi dengan garam, merica, dan bawang, serta kuah. Sate klathak juga tidak ditusuk menggunakan bambu, melainkan dengan batang besi. Selain itu, tiap porsinya juga hanya terdiri dari dua tusuk sate. Berburu sate klathak di Jogja saat ini tidaklah sulit, tetapi ada beberapa warung yang cukup fenomenal dan terkenal akan cita rasanya yang bisa jadi pilihan untuk kamu coba. Berikut daftarnya.

Sate Klathak Pak Pong

@awkarin
@awkarin
Tempat makan sate klathak yang satu ini terkenal karena menu sate klathaknya bebas bau kambing dan bumbunya yang meresap sampai ke dalam. Kalau kamu mau menikmati sajian sate klatak ala Pak Pong, kamu harus bisa sedikit bersabar karena selalu antri hehe.

Sate Klathak Pak Bari

Rifqi Aulawi
Rifqi Aulawi
Daging kambing dengan ukuran tebal, dibakar hingga dagingnya empuk merata, yang disajikan dengan kuah tongseng menghadirkan rasa yang aduhai. Sate klatak Pak Bari juga menjadi salah satu warung sate klatak di Jogja yang cukup ngehits, jadi untuk menikmatinya kamu juga harus menyediakan porsi kesabaran yang cukup, ya! Tempat ini juga pernah dinadikan lokasi syuting film AADC 2 loh.

Sate Klathak Pak Jede


@nickytirta
@nickytirta
Sate klathak di sini disajikan dengan bumbu sederhana, yaitu garam, merica, dan garam, serta tambahan kuah. Selain sate klathak, Sate Klathak Pak Jede ini juga menyediakan menu lain dengan bahan dasar daging kambing, seperti tongseng kambing, nasi goreng kambing, gulai kambing, sate kambing, tengkleng, gulai jeroan, dan menu beberapa menu minuman.

Sate Klathak Pangestu

@mytastemylife
@mytastemylife
Warung sate klathak ini juga sering menjadi buruan para masyarakat sekitar hingga para wisatawan. Rasa daging kambingnya terkenal enak, gurih dan bikin nagih. Selain sate kambing, warung Sate Klathak Pengestu juga menawarkan aneka menu olahan daging kambing lainya, seperti tongseng dan tengkleng.

Sate Klathak Bu Jazim

@jogjafood
@jogjafood
Percaya atau tidak, warung sate klathak Bu Jazim sudah ada sejak tahun 1982. Generasi kedua Bu Jazim kini yang meneruskan usaha ini. Namun demikian, meski sudah berpindah tangan ke generasi berikutnya, kualitas rasa sate klatak yang ditawarkan tidak berubah. Tiga tusuk sate klathak dengan potongan daging kambing yang besar, ditambah kuah gule, dijamin bakal membuatmu tidak kecewa.

Sate Klathak Jupaini

@jogjafood
@jogjafood
Sate Klathak Jupaini berada di kawasan Bantul. Warung sate klathak tersebut juga cukup populer di kalangan wisatawan. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mencicipi rasa sate klathak Jupaini ini. Maka tak heran, setiap hari warungnya selalu ramai dipenuhi pengunjung.